WOMEN’S ISSUE ON NEW MEDIA (CONTENT ANALYSIS ON FEMINIMISM ISSUE IN INSTAGRAM’S ACCOUNT OF @MAGDALENEID AND @PEREMPUANTAGARTEGAR)

Main Article Content

Lidwina Mutia Sadasri

Abstract

Kajian mengenai gender dan pemosisian perempuan dalam relasi gender dan seks di Indonesia hingga kini terus menjadi diskusi hangat. Bahkan sampai pada April 2019, terbit pemberitaan tentang kampanye daring “Indonesia Tanpa Feminis” yang menjadi viral. Viralitas kampanye Indonesia Tanpa Feminis tersebut juga menjadi pembanding atas adanya penguatan isu perempuan di Indonesia melalui akun Instagram @magdaleneid dan @perempuantagartegar. Diskusi tentang feminisme pun menjadi salah satu perdebatan dalam fenomena tersebut, terlebih karena dua akun tersebut merupakan komunitas pengusung feminisme, yang sifatnya sangat berlawanan dengan kegiatan “Indonesia Tanpa Feminis”. Permasalahan yang sama juga menjadi titik tekan dalam penelitian ini dengan tujuan mendeskripsikan feminisme yang muncul dalam konten kedua akun tersebut jika ditilik melalui konsep feminisme yang dibedakan menjadi dua gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten dalam periode enam bulan, dari bulan Maret 2019 - Agustus 2019. Berdasarkan analisis data, terlihat adanya kecenderungan sexism pada kedua akun dengan bentuk benevolent sexism, secara spesifik pada protective paternalism. Pada tataran feminisme second-wave, aspek yang sangat menonjol ada pada aspek antipatriarchy, hal ini sejalan dengan kekuatan yang dibawa oleh dua akun aktivisme tersebut. Aspek feminisme gelombang ketiga yang dilihat dalam konten dua akun tersebut hanya muncul dua dari tiga kategori yang tersedia, yakni doing gender dan reclamation of derogatory words.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Dimensions
How to Cite
Sadasri, L. (2021). WOMEN’S ISSUE ON NEW MEDIA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(1), 11-24. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i1.149
Section
Articles

References

Andersen, J. (2018). Archiving, ordering, and searching: search engines, algorithms, databases, and deep mediatization. Media, Culture and Society, 40(8), 1135–1150. https://doi.org/10.1177/0163443718754652
APJII. (2017). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. In Asosiasi Penyelenggara Jasa internet Indonesia.
Banerjee, P., & Bagchi, S. S. (2017). A content analysis of the leadership styles of Steve Waugh and Sourav Ganguly: Leadership lesson from the game of cricket. The Qualitative Report, 22(5), 1284–1296.
Boling, K. S. (2020). #ShePersisted, Mitch: a memetic critical discourse analysis on an attempted Instagram feminist revolution. Feminist Media Studies, 20(7), 966–982. https://doi.org/10.1080/14680777.2019.1620821
Couldry, N., & Hepp, A. (2013). Conceptualizing mediatization: Contexts, traditions, arguments. Communication Theory, 23(3), 191–202. https://doi.org/10.1111/comt.12019
Dimaggio, P., Hargittai, E., Neuman, W. R., & Robinson, J. P. (2001). Social Implications of The Internet. Annual Reviews, 27, 307–336.
Farhatiningsih, L., & Irwansyah. (2018). Optimalisasi Penggunaan Instagram dalam Praktik Kehumasan. Journal Article Diakom, 1–9.
Finnemann, N. O. (2011). Mediatization theory and digital media. Communications, 36(1), 67–89. https://doi.org/10.1515/COMM.2011.004
Fitria, K., & Febrianti, Y. (2020). the Interpretation and Attitude of Body Shaming Behavior on Social Media (a Digital Ethnography Study on Instagram). Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(1), 12–25. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.78
Hick, S., & Halpin, E. (2001). Children’s Right and the Internet. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 575(May 2001), 56–70.
Iqani, M. (2018). Performing Post-feminist Wealth: The Intersectional Aesthetics of Irene Major’s Instagram Profile. Australian Feminist Studies, 33(96), 209–222. https://doi.org/10.1080/08164649.2018.1517246
Jennings, M. K., & Zeitner, V. (2003). Internet use and civic engagement a longitudinal analysis. Public Opinion Quarterly, 67(3), 311–334. https://doi.org/10.1086/376947
Krippendorf, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (2nd ed.). Sage.
Levine, L. E. (2015). Act like a punk, sing like a feminist: A longitudinal content analysis of feminist themes in punk rock song lyrics, 1970-2009. University of North Texas.
Louw, E. (2001). The Media and Cultural Production. Sage.
Lövheim, M. (2016). Mediatization: analyzing transformations of religion from a gender perspective. Media, Culture and Society, 38(1), 18–27. https://doi.org/10.1177/0163443715615411
Lundby, K. (2014). Handbooks of Communication Science: Mediatization of Communication (Knut Lundby (ed.)). De Gruyter Mouton.
Magdaleneid. (2020). Magdalene 30 Aug 20. Instagram. https://www.instagram.com/magdaleneid/
Mahoney, C. (2020). Is this what a feminist looks like? Curating the feminist self in the neoliberal visual economy of Instagram. Feminist Media Studies, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/14680777.2020.1810732
Maryani, E., & Adiprasetio, J. (2017). Magdalene.co Sebagai Media Advokasi Perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 111. https://doi.org/10.24002/jik.v14i1.836
Mayring, P. (2014). Qualitative Content Analysis Theoretical Foundation, Basic Procedures and Software Solution (p. 143). www.betlz.de
Megarry, J. (2018). Under the watchful eyes of men: theorising the implications of male surveillance practices for feminist activism on social media. Feminist Media Studies, 18(6), 1070–1085. https://doi.org/10.1080/14680777.2017.1387584
Pasinringi, T. (2018). Perempuan Tegar Tinggalkan Hubungan “Toxic.” 2018. https://magdalene.co/story/gerakan-perempuan-tagar-tegar-bantu-perempuan-tinggalkan-hubungan-toxic
Perempuantagartegar. (2019). Web Perempuan Tagar Tegar. http://www.perempuantagartegar.online
Pruchniewska, U. M. (2016). Working across difference in the digital era: riding the waves to feminist solidarity. Feminist Media Studies, 16(4), 737–741. https://doi.org/10.1080/14680777.2016.1190045
Raun, T., & Christensen-Strynø, M. B. (2021). ‘We belong to something beautiful’: Julie Vu’s and Madeline Stuart’s use of minority identity as a popular feminist self-branding strategy on Instagram. Information Communication and Society, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/1369118X.2021.1889638
Renser, B., & Tiidenberg, K. (2020). Witches on Facebook: Mediatization of Neo-Paganism. Social Media and Society, 6(3). https://doi.org/10.1177/2056305120928514
Rocamora, A. (2017). Mediatization and Digital Media in the Field of Fashion. Fashion Theory - Journal of Dress Body and Culture, 21(5), 505–522. https://doi.org/10.1080/1362704X.2016.1173349
Schroeder, R. (2017). Towards a theory of digital media. Information Communication and Society, 1–17. https://doi.org/10.1080/1369118X.2017.1289231
Strömbäck, J. (2011). Mediatization and perceptions of the media’s political influence. Journalism Studies, 12(4), 423–439. https://doi.org/10.1080/1461670X.2010.523583
Wood, J. T. (1994). Gendered Media: The Influence of Media on Views of Gender. Gendered Lives: Communication, Gender and Culture, 231–244. https://www1.udel.edu/comm245/readings/GenderedMedia.pdf