CONSTRUCTION OF BEAUTY MEANING IN BEAUTY PRODUCTS ADVERTISEMENT (SEMIOTIC ANALYSIS ON CLEAN AND CLEAR ADS IN #IAMBRIGHT MOVEMENT VERSION)

Main Article Content

Silvina Novia Purwandari
Catur Nugroho

Abstract

Warna kulit putih dan cerah adalah salah satu faktor seorang wanita pantas untuk dikatakan cantik. Clean and Clear membuat video kampanye yang berjudul “Clean and Clear versi #IAmBright movement: Rayakan Cerahnya Ragam Warna Kulit Indonesia-Mu Bersama CLEAN & CLEAR”, dengan menampilkan tiga model wanita yang memiliki warna kulit  dari putih hingga gelap. Video iklan yang dipublikasikan tersebut adalah rangkaian kampanye untuk mengembalikan kepercayaan wanita khususnya remaja yang memiliki keinginan untuk menjadi cantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce untuk melihat konstruksi makna cantik pada iklan Clean and Clear tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa makna cantik ditunjukkan melalui warna kulit model pada iklan. Iklan ini membentuk makna cantik dengan warna kulit yang beraneka ragam, namun dapat memancarkan kecantikannya dengan merawat kulit wajah dengan baik. Juga memberikan motivasi agar wanita Indonesia membentuk kepercayaan diri dengan berfikir kepada hal yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Dimensions
How to Cite
Purwandari, S., & Nugroho, C. (2021). CONSTRUCTION OF BEAUTY MEANING IN BEAUTY PRODUCTS ADVERTISEMENT. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(1), 77-88. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i1.175
Section
Articles

References

Aisyiyah, R. N. (2013). Kecantikan Dalam Iklan : Gambaran Kecantikan Dalam Iklan Sabun Dove Di Televisi. Ilmu Komunikasi, 1(4), 63–80.
Ardianto, E., Komala, Lukita., Karlinah, Siti. (2011). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Bungin, B. (2001). Makna Realitas Sosial Iklan Televisi Dalam Masyarakat Kapitalistik. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik. XIV (2), 51-64.
Deledalle, G. (2000). Charles Sanders Peirce’s Philosophy of Signs ; Essays in Comparative Semiotics. In Educational Forum (Vol. 2, Issue 4). Indiana University Press. https://doi.org/10.1080/00131723809339351
Eco, U. (1981). The Theory of Signs and the Role of the Reader. The Bulletin of the Midwest Modern Language Association. https://doi.org/10.2307/1314865
Eco, U. (2018). Semiotics and the Philosophy of Language. In Reading Eco. https://doi.org/10.2307/j.ctt1zxz0xk.6
Hambur, F. M. (2019). The Construction Of Beauty Image In Beauty Product Advertisement Slogans. Diponegoro University.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (6th ed.). Jakarta : Salemba Humanika.
Nugroho, C. (2014). Konstruksi Berita Kontroversi Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta (Analisis Framing Pan Dan Kosicki Terhadap Berita Surat Kabar Harian Kompas Dan Kedaulatan Rakyat Edisi Januari 2011 – Maret 2011). Jurnal Ilmu Komunikasi Lontar, 2 (3), 27-43.
Nugroho, C. (2019). Relasi Kuasa Media Dan Isu Gender Dalam Program Televisi Di Indonesia. ProTVF. 2 (2), 111-126.
Nugroho, C. (2020). Ekonomi Politik Media : Sebuah Pengantar Kritis. Tangerang Selatan : Sedayu Sukses Makmur.
Nurul, A., & Nugroho, C. (2017). Representasi Pemikiran Marxisme Dalam Film Biografistudi Semiotika John Fiske Mengenai Pertentangan Kelas Sosial Karl Marx Pada Film Guru Bangsa Tjokroaminoto. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi. 11 (1), 1-33.
Sugiharti, D. R. (2018). Beauty Construction on Pondrs White Beauty Gita Gutawa Version: Semiotic Analysis of Advertisement. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 228 (Klua), 384–388. https://doi.org/10.2991/klua-18.2018.58
Verian, A., & Situmeang, I. V. O. (2019). Representasi Foto Kampanye Calon Presiden Pada Majalah Tempo Edisi 19 – 25 November 2018 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi. 13 91), 1-21.
Yusanto, Freddy and Putri, A. (2018). Makna Cantik Dalam Iklan Magnificent Meaning in Advertising. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4 (1), 1.