THE SURABAYA CITY GOVERNMENT’S CRISIS COMMUNICATION STRATEGY THROUGH “BANGGA SURABAYA” MEDIA

Main Article Content

Adhi Murti Citra Amalia
Gabriella Sagita Putri

Abstract

Kemajuan teknologi digital memaksa institusi pemerintah membenahi cara berkomunikasinya dengan masyarakat, termasuk dalam hal mengkomunikasikan krisis. Komunikasi krisis sebelumnya banyak menggunakan bantuan media massa, namun kemudian semakin bergeser ke media digital, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota-Pemkot Surabaya yang menciptakan medianya sendiri yaitu “Bangga Surabaya”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi krisis Pemkot Surabaya melalui media “Bangga Surabaya”, yang diterapkan mulai dari pre-crisis, crisis events, hingga post-crisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Pemkot Surabaya terdiri dari penentuan khalayak, pesan, saluran media, hingga komunikator. Pemkot Surabaya lebih mengedepankan pesan yang bersifat edukatif, informatif, dan membangun optimisme positif, untuk menjaga masyarakat tetap tenang dan kondusif selama penanggulangan krisis berlangsung. Pada tahapan pre-crisis, Pemkot Surabaya melakukan monitoring media untuk isu-isu yang berpotensi menjadi krisis, edukasi pencegahan krisis, dan penyampaian informasi tentang persiapan krisis. Di tahap crisis events, Pemkot Surabaya mengkolaborasikan media “Bangga Surabaya” dengan media massa lainnya untuk mengkomunikasikan perkembangan krisis. Terakhir, di tahap post-crisis Pemkot Surabaya melakukan evaluasi atas penanganan krisis dan memonitor kembali tentang potensi krisis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Dimensions
How to Cite
Amalia, A. M., & Putri, G. (2021). THE SURABAYA CITY GOVERNMENT’S CRISIS COMMUNICATION STRATEGY THROUGH “BANGGA SURABAYA” MEDIA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(1), 64-76. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i1.182
Section
Articles

References

Chaerunissa, C. A. (2018). Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018. IDN Times Jatim. https://jatim.idntimes.com/news/jatim/cynthia-chaerunissa/bangga-ini-sederet-penghargaan-internasional-yang-diterima-surabaya/1
CNN Indonesia. (2010). 10 Tahun Pimpin Surabaya, Ini Warisan Risma. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201206223546-293-578696/10-tahun-pimpin-surabaya-ini-warisan-risma
Constantinides, E. (2014). Foundations of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 40–57.
Coombs, W. T. (2015). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (Fourth Edi). SAGE Publications Ltd.
Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publications, Inc.
Eke, Gift J. (2020). Effective Communication Processes: A Peanacea for Organizations’ Success. IOSR Journal of Business and Management 22(8), 42-54. 10.9790/487X-2208024254
Eldo, D. H. A. P., & Mutiarin, D. (2018). Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis Mbah Tejo” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 156–167. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.16753
Eriksson, M. (2018). Lesson for Crisis Communication on Social Media: A Systematic Review of What Research Tells the Practice. International Journal of Strategic Communication, The Copenhagen Journal of Asian Studies, 12(5), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1553118X.2018.1510405
Fink, S. (1986). Crisis Management: Planning for The Inevitable. NY: AMACOM.
Grunig, J. E. (1984). Organizations, Environments, and Models of Public Relations. Public Relations Research & Education, Vol. 1 No., 6-29.
humas.surabaya.go.id. (2018). Menjelang Musim Hujan, Wali Kota Risma Sidak Rumah Pompa hingga Box Culvert. Bangga Surabaya. https://humas.surabaya.go.id/2018/09/20/menjelang-musim-hujan-wali-kota-risma-sidak-rumah-pompa-hingga-box-culvert/
Jin, Y., Pang, A., & Cameron, G. T. (2006). Strategic Communication in Crisis Governance: Analysis of the Singapore Management of the SARS Crisis. The Copenhagen Journal of Asian Studies, 23(1), 81–104. https://doi.org/https://doi.org/10.22439/cjas.v23i1.693
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Educarion Limited.
Melani, A. (2019). Penggeseran Pipa PDAM, 50 Ribu Warga Surabaya Mesti Antisipasi Tampung Air. Liputan 6. https://surabaya.liputan6.com/read/4056364/penggeseran-pipa-pdam-50-ribu-warga-surabaya-mesti-antisipasi-tampung-air
Nathaniel, F. (2020). Mengutuk Terorisme, Mengingat Teror Bom Gereja Surabaya. Tirto.Id. https://tirto.id/mengutuk-terorisme-mengingat-teror-bom-gereja-surabaya-fnC4
Neely, S. R., & Collins, M. (2018). Social Media and Crisis Communications: A Survey of Local Governments in Florida. Journal of Homeland Security and Emergency Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/jhsem-2016-0067
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.
Surabaya Lawan COVID-19. (2020). Pemerintah Kota Surabaya. https://lawancovid-19.surabaya.go.id/visualisasi/graph
Syarief, I. S. (2020). Perbaikan Pipa PDAM di Purimas Tuntas, Pelanggan Berharap Segera Dapat Air. Suarasurabaya.Net. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/perbaikan-pipa-pdam-di-purimas-tuntas-pelanggan-berharap-segera-dapat-air/
Ulfa, N., Suadnya, W., & Khusnia, H. N. (2019). Manajemen Krisis Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara Pada Saat Gempa Bumi Lombok 2018. Journal of Media and Communication Science, 2(2), 97–115. https://www.jcomm.unram.ac.id/index.php/jcomm/issue/view/4