ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN MANGSI GRILL MASTER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KONSEP USAHA

Main Article Content

I Made Oka Megayasa
Rah Utami Nugrahani

Abstract

Munculnya berbagai macam perusahaan di Indonesia baik dari sektor industri, jasa, maupun perdagangan menyebabkan peran dari komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan. Komunikasi pemasaran (marketing communication) dalam penelitian ini berperan sebagai sebuah sarana untuk mengetahui usaha dari suatu perusahaan dalam upaya menginformasikan, membujuk serta mengingatkan kepada konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk atau jasa yang dipasarkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam kegiatan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Mangsi Grill Master dalam rangka pengembangan konsep usaha. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan utama, yakni bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran berkaitan dengan periklanan, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, promosi penjualan, hubungan masyarakat serta penjualan personal berdasarkan acuan konsep bauran komunikasi pemasaran (marketing communicatin mix) oleh Morissan. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki fenomena yaitu mengetahui kegiatan bauran pemasaran Mangsi Grill Master saat mengusung konsep restoran, dengan adanya pengembangan konsep usaha yang sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mangsi Grill Master dengan konsep restorannya menerapkan elemen periklanan melalui 2 jenis media, yaitu media cetak dan media sosial; pemasaran langsung melalui bentuk broadcast chat; pemasaran interaktif melalui website; promosi penjualan melalui diskon atau harga coret; kupon; paket kombinasi; paket “beli X gratis Y” dan undian berhadiah; serta hubungan masyarakat melalui kegiatan publisitas dan pelaksanaan acara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Dimensions
How to Cite
Megayasa, I. M., & Nugrahani, R. (2021). ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN MANGSI GRILL MASTER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KONSEP USAHA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(2), 89 - 98. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i2.215
Section
Articles

References

Fu, H. (2020). TripAdvisor Tetapkan Bali Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia Pilihan
Wisatawan. 3 Agustus. https://www.beritadaerah.co.id/2020/08/03/tripa
dvisor-tetapkan-bali-jadi-destinasi-wisataterbaik-dunia-pilihan-wisatawan/
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (13st ed.). Penerbit
Erlangga. Mandasari, D., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN MANGSI GRILL AND COFFEE DENPASAR. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i03.p01
Morissan, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Prenadamedia
Group.
Musyaffa, Q. N., & Dunan, A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POPOLO
COFFEE TERHADAP GENERASI MILLENIAL MELALUI AKUN INSTAGRAM. Diakom : Jurnal Media Dan
Komunikasi. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.59
Prasetyo, B., Febriani, N., Weda Asmara, W., Tami Tiadini, D., Ashton Destrity, N., Ayu Amalia Avina, D., & Kurnia Illahi, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). UB Press.
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communications (1st ed.). Pustaka Pelajar. Trihendrawan, N. (2019). Sektor Kuliner Indonesia Tumbuh 12,7%. 19 Maret. https://ekbis.sindonews.com/berita/1388028/34/sektor-kuliner-indonesia-tumbuh-127/
Weni, F. P. A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial [Universitas Brawijaya].
http://repository.ub.ac.id/4918