ANALISIS SEMIOTIK PADA LOGO BARU BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL "SAHABAT KELUARGA" (2020)

Main Article Content

Rizky Fauzia

Abstract

BKKBN meluncurkan logo baru pada tahun 2020 untuk menyasar generasi milenial dan zillenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang muncul dalam logo baru BKKBN tersebut. Paradigma interpretif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data secara studi dokumentasi dan observasi partisipan atau dengan terjun langsung terlibat di lapangan. Objek penelitian ini adalah logo baru BKKBN. Penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi tanda atas ikon, indeks, dan simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo baru BKKBN terdiri dari logotype dan logogram yang dikombinasikan, dengan dasar struktur menggunakan bentuk lingkaran. Melalui logo baru BKKBN “Sahabat Keluarga”, pada logotype, jenis huruf yang digunakan adalah San Serif yang cenderung tidak formal untuk meraih publik barunya yaitu generasi millenial dan zillenial. Logogram yang terdapat pada logo baru BKKBN terdiri dari angka 8, hati, kupu-kupu, lingkaran, dan bentuk menyilang di tengah hati. Warna yang digunakan pada huruf adalah warna hitam solid dan gradasi dari warna biru kobalt menjadi biru navy pada logogram.  Melalui logo tersebut BKKBN mencitrakan dirinya sebagai lembaga yang menjadi sahabat, merangkul, mendukung, menopang, berdiri sejajar, tidak instruksional lagi dan menjadi kepercayaan masyarakat untuk mendapatkan masa depan keluarga yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Dimensions
How to Cite
Fauzia, R. (2021). ANALISIS SEMIOTIK PADA LOGO BARU BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL "SAHABAT KELUARGA" (2020). Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(2), 119 - 129. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i2.257
Section
Articles

References

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6, 123–138.
Bantilan, D. S. I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2018). Strategi rebranding Zora Radio. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2, 1–12.
BKKBN. (2019a). Hasil pretesting rebranding BKKBN. Jakarta: BKKBN.
BKKBN. (2019b). Konsep dasar rebranding. Jakarta: BKKBN.
BKKBN. (2019c). Transkip audio expert meeting rebranding BKKBN. Jakarta: BKKBN.
BKKBN. (2020a). Brand book BKKBN. Retrieved from https://archive.org/details/brand-book-bkkbn/BRAND BOOK BKKBN FINAL
BKKBN. (2020b). Panduan Grafis Identitas BKKBN. Jakarta: BKKBN.
Csobanka, Z. E. (2016). The Z Generation. Acta Technologica Dubnicae, 6, 63–76.
Fadilah, J. (2019). Analisis semiotika logo Diecast Hot Wheels Trasure Hunt. Jurnal Komunikasi, 10, 139–144.
Fauzia, R., & Sujono, F. K. (2017). Crisis and communication management in National Population and Family Planning Board in the post-reform era. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 7, 1–12.
Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2011). Qualitative research methods. London: Sage Publications Ltd.
Humas BKKBN. (2020). Logo baru BKKBN menuju cara baru untuk generasi baru. Retrieved from https://www.bkkbn.go.id/detailpost/logo-baru-bkkbn-menuju-cara-baru-untuk-generasi-baru
Jayanegara, I. N. (2017). Semiotika visual logo RSU.Surya Husadha Denpasar. Jurnal Bahasa Rupa, 1, 11–16.
Kairupan, N. H., Dida, S., & Budiana, H. R. (2017). Corporate rebranding di Gramedia Store. Edutech, 15, 265–287.
Kompas.com. (2009). Ubah citra, BKKBN luncurkan logo baru. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2009/02/12/14115760/ubah.citra.bkkbn.luncurkan.logo.baru
Muzellec, L., Doogan, M., & Lambkin, M. (2004). Corporate Rebranding - An Exploratory Review. Irish Studies Review, 12, 803–824.
Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity? European Journal of Marketing, 40, 31–40.
Nugraha, A. R. (2016). Representasi corporate identity dalam logo baru PDAM kota Bandung. Communication, 7, 26–44.
Panjaitan, P., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh social media terhadap produktivitas kerja generasi millenial. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48, 173–180.
Pratama, D. (2010). Logo bukan untuk kontes kecantikan: Kajian semiotika pada logo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Deiksis, 02, 57–69.
Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses rebranding mal Grand Indonesia oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2, 102–118.
Rivers, C. (2003). Identify: Building brand through letterheads, logos, and business cards. In Business. Switzerland: RotoVision Book.
Sanyoto, S. E., & Widada, R. (2009). Nirmana: dasar-dasar seni dan desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.
Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo bikin iklan!: Memahami teori dan praktek iklan media lini bawah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.