OPTIMALISASI PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM PRAKTIK KEHUMASAN PEMERINTAH

Main Article Content

Lizzatul Farhatiningsih

Abstract

Digitalisasi membuat para praktisi PR pemerintah yang sebelumnya berfokus pada konsep-konsep lama telah dengan cepat merangkul media sosial dan mempertimbangkannya untuk menjadi bentuk baru dari kehumasan. Media sosial digunakan untuk merevolusi pekerjaan kehumasan mereka dengan harapan menjadi lebih global, strategis, dua arah dan interaktif, simetris atau dialogis, dan bertanggung jawab secara sosial. Instagram adalah aplikasi berbasis mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau gambar, menerapkan alat manipulasi yang berbeda untuk mengubah tampilan gambar, dan membaginya secara langsung. Artikel ini merupakan artikel konseptual yang bertujuan untuk menjelaskan konsep kehumasan dengan melihatnya dari sisi humas pemerintah di era digital saat ini dihubungkan dengan penggunaan media sosial yaitu Instagram. Hasil studi konseptual menunjukkan bahwa Instagram telah unggul sebagai alat komunikasi dan pemasaran yang efektif untuk menampilkan produk dengan deskripsi visual serta menunjukkan pentingnya interaksi ketika sebuah organisasi ingin membangun dan memupuk hubungan antara organisasi dengan publik. Terjadi perubahan sistem kinerja humas pemerintah saat ini karena dibutuhkan kecepatan dalam menyampaikan informasi dan tanggap dalam menangani keluhan masyarakat. Tanggung jawab dalam pengelolaannya bagi pemerintah lokal terletak pada petugas informasi dan komunikasi publik, yang harus mendapat persetujuan dan dukungan dari pejabat pemerintah, baik yang terpilih maupun yang ditunjuk.

Article Details

How to Cite
Farhatiningsih, L. (2018). OPTIMALISASI PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM PRAKTIK KEHUMASAN PEMERINTAH. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 1 - 9. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.14
Section
Articles

References

Daftar Pustaka

Abbott, W., Donaghey, J., Hare, J., & Hopkins, P. (2013). An Instagram is Worth a Thousand Words: An Industry Panel and Audience Q&A. Library Hi Tech News, 30(7), 1-6.
Au-Yong-Oliveira, M., & Ferreira, J. J. (2014, April 10). What If Colorful Images Become More Important than Words? Visual Representations as the Basic Building Blocks of Human Communication and Dynamic Storytelling. World Futures Review.
Chante, K., Jessica, C., Lindsay, B., Tyler, Q., & Robert, P. (2014). Dermatology on Instagram. Dermatology Online Journal,, 20(7), 1-6.
Crespo, M. J., & Echart, N. (2011). The Role and Functions of Government Public Relations. Lessons from Pubic Perceptions of Government. Central European Journal of Communication, 1, 109-123.
Fahmy, S., M., B., & Wanta, W. (2014). Visual Communication Theory and Research. New York, NY, USA: Palgrave Macmillan.
Gibson, D., Gonzales, J. L., & Castanon, J. (2006). The Importance of Reputation and the Role of Public Relations. Public Relations Quarterly, 51, 15-18.
Graham, M. W. (2014). Government communication in the digital age: Social media’s effect on local government public relations. Public Relations Inquiry, 3(3), 361-376.
Graham, M., & Avery, E. J. (2013). Government Public Relations and Social Media: An Analysis of the Perceptions and Trends of Social Media Use at the Local Government Level. Public Relations Journal, 7.
Grunig, J. E. (2006). Furnishing the Edifice: Ongoing Research on Public Relations As a Strategic Management Function. Journal of Public Relations Research , 18(2), 151-176.
Grunig, J. E. (2009). Paradigms of global public relations in an age of digitalisation. Public Relations Journal.
Hand, L., & Ching, B. (2011). You have one friend request: An exploration of power and citizen engagement in local governments’ use of social media. 362-382.
Hochman, N., & Schwartz, R. (2012). Visualizing Instagram: Tracing Cultural Visual Rhythms. In the proceedings of the workshop on Social Media Visualization in Conjunction with the 6th International AAAI Conference on Weblogs and Social Media. .
Hopkins, A. E. (2015). Government Public Relations: Public Diplomacy or Propaganda? Social Sciences, Arts, & Humanities, 7.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 59-68.
Krum, R. (2014). Cool Infographics: Effective Communication with Data Visualization and Design. Indianapolis, India: John Wiley & Sons, Inc.
Macnamara, J. (2010). Public communication practices in the Web 2.0-3.0 mediascape: The case for PRevolution. PRism Journal.
Manikonda, L., Hu, Y., & Kambhampati, S. (2014, October 29). Analyzing User Activities, Demographics, Social Network Structure and User-Generated Content on Instagram. Social and Information Networks.
Missy Graham, E. J. (2013). Government Public Relations and Social Media: An Analysis of the Perceptions and Trends of Social Media Use at the Local Government Level. Public Relations Journal, 7.
Pinkleton, E. W. (2015). Strategic Public Relations Management: Planning and managing Effective Communication Programs (3rd Edition ed.). New York: Routledge.
Public Relations Society of America. (n.d.). PRSA Public Relations Society of America. Retrieved March 30, 2018, from prsa.org: http://www.prsa.org/all-about-pr/
Russman, U., & Svensson, J. (2016, October 21). Studying Organizations on Instagram. (M. Kaigo, Ed.) Information 2016, 7(4), 58.
Schill, D. (2012, April 13). The Visual Image and the Political Image: A Review of Visual Communication Research in the Field of Political Communication. Review of Communication, 12, 118–142.
Seitel, F. P. (2014). The Practice of Public Relaions 12th Edition. Pearson Education.
Smith, A. (2011). Retrieved March 31, 2018, from Why Americans use social media: http://www.pewinternet.org/Reports/2011/Why-Americans-Use-Social-Media.aspx.
Stacks, D. W. (2017). Primer of Public Relations Research, Third Edition (3rd Edition ed.). New York , United States of America: The Guilford Press.
Ting, H., Ming, W. W., Run, E. C., & Choo, S. L. (2015). Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Study. International Journal of Business and Innovation, 2(2).
Vasja Roblek, M. M. (2016, April-June). A Complex View of Industry 4.0. 1–11.
White, C. M. (2012). Social Media, Crisis Communication, and Emergency Management: Leveraging Web 2.0 Technologies. Boca Raton: CRC Press.
Wright, D. K., & Hinson, M. D. (2008). How Blogs and Social Media are Changing Public Relations and the Way it is Practiced. Public Relations Journal, 2(2).