CITRA TUBUH POSITIF PEREMPUAN DALAM IKLAN VIDEO DIGITAL (STUDI FEMVERTISING PADA IKLAN DOVE REAL BEAUTY) Women's Positive Body Image on Digital Video Advertisement (Femvertising's Study on Dove Real Beauty Advertisement Campaign)

Main Article Content

Nur Kumalaningtyas
Lidwina Mutia Sadasri

Abstract

Media komunikasi, secara khusus dalam konteks ini adalah periklanan, mengalami perkembangan melalui hadirnya teknologi digital. Salah satu bentuk relasi keduanya hadir dalam bentuk digital video advertising berikut beragam isu konten yang dibawanya. Citra tubuh sendiri sebagai salah satu isu yang diangkay dalam iklan bukanlah suatu hal yang baru, namun tak banyak yang mengusung isu body positivity. Salah satu merek yang mengusung citra tubuh positif secara berkelanjutan adalah Dove melalui rangkaian iklan Campaign for Real Beauty, yakni Evolution, Real Beauty Sketch, dan #MyBeautyMySay. Rangkaian iklan ini akan dianalisis mengguunakan tiga konteks unit analisis, yaitu iklan video digital, femvertising, dan citra tubuh positif. Pendekatan kualitatif diaplikasikan dengan metode analisis isi pada tiap scene atau adegan dan mengkategorikannya ke dalam unit analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rangkaian iklan tersebut menampilkan isu yang serupa, yaitu tentang pendiktean standar tubuh, penampilan, dan kecantikan perempuan yang telah berlangsung lama dan meningkatkan kegelisahan perempuan akan tubuh yang dimilikinya.kegelisahan akan citra tubuh pun dihapuskan dalam akhir iklan dengan rasa nyaman dan percaya diri yang disampaikan dengan monolog secara langsung menghadap kameran yang merupakan reresentasi dari konsep femvertising.

Article Details

How to Cite
Kumalaningtyas, N., & Sadasri, L. (2018). CITRA TUBUH POSITIF PEREMPUAN DALAM IKLAN VIDEO DIGITAL (STUDI FEMVERTISING PADA IKLAN DOVE REAL BEAUTY). Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 62-73. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.19
Section
Articles

References

Arif, S. (2008). Gender dan Demokrasi. Malang: Averroes Press.
Avalos, L. C., & Tylka, T. L. (2006). Exploring a model of intuitive eating with college women. Journal of Counceling Psychology Vol. 53, No. 4.
Avalos, L., Tylka, T.L., Wood-Barcalow, N. (2005). The Body Appreciation Scale: Development and Psychomatric Evaluation, BodyImage 2, (2005) 285-297.
Bungin, B. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Cavanagh, S. (1997). Content analysis concepts. Methods and applications, Nurse Researcher, 4, 5-16.
Destangir, A. E. (2017). Body positivity is everywhere, but is it for everyone?. Retrieved from https://www.usatoday.com/story/news/2017/08/02/body-positivity-everywhere-but-everyone/525424001/diaper-model-a-p-1738764815
DiSalvatore, E. (2010). Potrayal of Women in Advertising. Research Methods 300.
Dove US. (2013). Dove Real Beauty Sketches | You’re more beautiful than you think (3mins). Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=XpaOjMXyJGk&t=113s.
Dove US. (2016). Dove | Beauty on your own terms #MyBeautyMySay. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=_XOa7zVqxA4.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Frisen, A. & Holmqvist, K. (2010). What characterize early adolescents with a positive body image? A qualitative investigation of Swedish girls and boys. Body Image, Volume 7, Issue 3.
Hoelzel, M. (2014). Video ad spending is on a tear –here are the most important trends shaping the industry. Retrieved from http://www.businessinsider.com/digital-video-advertising-aggressive-spending-and-growth-2014-9?IR=T&r=US&IR=T.
Interactive Advertising Bureau. (2008). Digital Video In-Stream Ad Format Guidelines and Best Practices. Retrieved from http://www.ovk.de/fileadmin/downloads/ovk/IAB-Video-Ad-Format-Standards.pdf.
Krippendorff, K. (1980). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publications.
Mayring, P. (2014). Qualitative Content Analysis. Retrieved from https://www.psychopen.eu/fileadmin/user_upload/books/mayring/ssoar-2014-mayring-Qualitative_content_analysis_theoretical_foundation.pdf.
McCann Truth Central. (2016). The Truth About Beauty. Retrieved from http://truthcentral.mccann.com/portfolio/truth-about-beauty/.
Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2000). Advertising & IMC: Principles and Practice. New Jersey: Pearson Education Inc.
Piper, T. (2006). Dove Evolution. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=iYhCn0jf46U.
Putri, B. S. P. (2009). Peran Perempuan dalam Iklan Kosmetik yang Menggunakan Model Perempuan di Televisi. (Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Schilder, P. (1935). The Image and Appearance of The Human Body. New York: Routledge.
Trampe, D., Stapel, D. A., Siero, F. W. (2011). The Self-Activation Effect of Advertisement: Ads Can Affect Whether and How Consumers Think about the Self. Journal Of Consumer Research Volume 37, Issue 6, 1 April 2011, Pages 1030-1045.
Van Vonderen, K. E., Kinnaly, W. (2012). Media Effects on Body Image: Examining Media Exposure in the Broader Context of Internal and Other Social Factors. American Communication Journal, 14(2):41-57 March 2012.
Wood-Barcalow, N.L., Tylka, T.L., & Horvath, C.I. (2010). But I Like My Body’; Positive body image characteristics and a holistic model for young adult women. Body Image, Volume 7 Issue 2, hal. 106-116.
Zotos, Y. C., Tsichla, E. (2014). Female Stereotypes in Print Adveritising: A Retrospective Analysis, Social and Behavorial Sciences 148 (2014) 466-254.
https://www.thebodypositive.org/bios/connie-sobczak