ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA ONLINE DALAM MENANGKAL HOAX Communication Ethics in The Online Media in Avoiding Hoax

Main Article Content

Rieka Mustika

Abstract

Artikel ini berusaha membahas etika komunikasi dalam menangkal fenomena hoax dan bagaimana mengupayakan pencegahan penyebaran hoax. Berita hoax seringkali tersebar di berbagai media terutama di media online. Sebuah informasi bisa saja mengandung kesalahan  atau bias. Namun, kekeliruan dalam hoax adalah buah dari kesengajaan. Apabila masyarakat mengetahui dan melaksanakan aturan-aturan yang telah ada, sangat mungkin jika berbagai informasi berbau hoax akan dapat ditangkal. Dari banyaknya masyarakat yang menggunakan media online ini, maka perlu adanya dorongan kepada semua lapisan masyarakat agar memiliki etika bagaimana berkomunikasi dengan baik di media online.

Article Details

How to Cite
Mustika, R. (2018). ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA ONLINE DALAM MENANGKAL HOAX. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 43-50. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.30
Section
Articles

References

Baran, Stanley J dan Davis, Dennis K, (2014), Mass Communication Theory: Foundation, Ferment, and Future, Jakarta: Salemba.
Denzin, N. K. dan Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Harley, D, (2008). Common Hoaxes and Chain Letters. San Diego: ESET, LLC
Istriyani, Ratna dan Nur Huda Widiana, (2016), Etika Komunikasi Islam dalam Membendung Informasi Hoax di Ranah Publik Maya, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 36(2) 2016 306 EISSN 2581-236X
Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4 No. 2.
Kaplan, Andreas M & Michael Haenlein. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, hlm 5968.
Poerwandari, Kristi, (2017), Gaduh di Media. Kompas. Edisi 11 Februari 2017
Rahadi, Dedi Rianto. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMDK). Universitas Merdeka Malang. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017.
Respati, S. ,(2017), Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita “Hoax”? Kompas.com. Retrieved from http://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.orang.mudah.percaya.berita.hoax.
Yulianita, Neni. (2016). Etika Bicara Baik di Media Sosial. Dalam Indonesia Bicara Baik; Bunga Rampai Komunikasi dan Humas. Bandung: Pelangi Mitra Sukses.
https://www.merdeka.com/teknologi/jangan-gampang-terpengaruh-ini-7-cara-kenali-hoax-di-dunia-maya.html, diakses 12 Oktober 2018
www.antaranews.com/berita/605171/apa-itu-hoax
http://jateng.tribunnews.com/2017/01/23/sedang-jadi-perbincangan-hangat-ini-sejarah-dan-arti-kata-hoax (Intisari-Online) diakses Oktober 2018
www.tribunnews.com diakses 13 Januari 2017
www.republika.co.id kliping Humas 15 Januari 2017
(www. Okezone .com. kliping Humas 20 Januari 2017).